f Cara Kerja Analog Joystick | SEAL TEKTO

Cara Kerja Analog Joystick

Joystick dualschock

kalian pasti sudah pernah memainkan PS2. kalian juga pasti sudah pernah menggunakan analog pada joystik PS2. tapi pernahkah kalian memikirkan bagaimana cara kerja analog pada Joystick sehingga dapat menggerakan karakter yang sedang kita mainkan di PS2? berikut saya ulas sedikit mengenai cara kerja analog pada Joystick.

Analog merupakan tongkat yang dihubungkan dengan joystick yang kita gunakan. tongkat ini berguna untuk menggerakan potensiometer atau variable resistors yang diletakan pada sumbu X (kiri-kanan) dan sumbu Y (atas-bawah).  atau untuk menekan tombol switch yang biasa kita sebut dengan L3 atau R3.
Analog Joystick dualshock

jika kita menggerakan analog ke atas atau kebawah maka potensiometer pada sumbu Y akan bergerak dan potensiometer pada sumbu X akan diam. jika kita menggerakan analog ke kiri atau kanan maka potensiometer pada sumbu X akan bergerak, dan potensiometer pada sumbu Y akan diam. sedangkan jika kita menggerakan analog secara diagonal maka kedua potensiometer akan bergerak. atau jika kita menekan analognya maka dia akan menekan tombol switch.

pada analog tersebut diletakan pegas sehingga tongkat akan kembali pada posisi semula ketika kita melepas analognya.

potensiometer akan memberitahukan posisi tongkat analog yang kita gerakan kepada komputer sehingga komputer dapat menentukan proses selanjutnya.
Share on Google Plus

About Guruh Najmuddin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment