f Mesin Rusnas Hasil Riset Indonesia | SEAL TEKTO

Mesin Rusnas Hasil Riset Indonesia

Rusnas, riset unggulan strategis nasional. mesin yang berkapasitas 640 cc dengan 2 silinder. mesin serba guna hasil riset bppt bersama (alm) suparto Soejatmo. mesin rusnas ini adalah mesin yang asli riset indonesia mulai dari perencanaan sampai pembangunan mesin ini dikerjakan di Indonesia.

Mesin rusnas memerlukan waktu riset sekitar 7 tahun (2002-2007) dengan biaya total US$ 300-400 ribu (Rp 3-4 miliar) dibanding dengan negara maju yang membutuhkan US$ 10 juta untuk membuat prototipe mesin. biaya perancangan yang rendah ini membuat mesin rusnas cukup terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Rusnas ini mesin yang sangat fleksibel karena dapat memakai premium dan gas, selain itu dengan menggunakan 1 liter premium dapat berjalan sekitar 30 km. kini mesin tersebut telah disematkan sistem injeksi (EFI) agar bahan bakar lebih efisien.

spesifikasi mobil 2 silinder segaris, 640 cc mengeluarkan daya sebesar 11.5 kW pada putaran 3800 rpm dan torsi sebesar 31 NM pada putaran 2800 rpm. mesin yang terbuat dari bahan alumunium yang memiliki daya tahan yang baik dan juga ringan.

mesin yang bisa digunakan untuk mobil, perahu, alat pertanian, genset dan mesin industri ini telah diuji di balai termodinamika motor dan propulsi. dan harga yang ditawarkan mesin rusnas serba guna ini Rp 8 juta.




Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment