f Kiat Membuat Video Game (bag. 2, part 2) | SEAL TEKTO

Kiat Membuat Video Game (bag. 2, part 2)

Sinopsis

Sinopsis merupakan cerita singkat dari game, permasalahan apa yang akan dihadapi pemain dalam game, apa yang harus dilakukan oleh pemain? Sinopsis dapat berupa paragraf.

Character


Setelah anda membuat sinopsis, sekarang saatnya untuk menentukan character apa saja yang ada dalam game. Jika bisa dengan gambar character tersebut, deskripsikan character anda,  tugasnya apa, kelebihan dan kekurangannya apa.

Item


Setelah menentukan character, sekarang tentukan item yang dapat digunakan character. Bagaimana bentuknya, kegunaanya apa, digunakanya dimana, digunakanya bagaimana.

Setting

Setting dalam videogame sama dengan setting dalam cerpen. Ada setting tempat, waktu, dan suasana. Background juga harus di deskripsikan.

Deskripsi

Setelah itu semua dibuat, sekarang saatnya anda mendeskripsikan game anda. Anda harus meneritakan game anda secara detail disini. Apa yang membuat game anda special? Apakah game anda 2D atu 3D? Grafiknya bagaimana? Mengapa orang-orang ingin mendownload game anda? Dsb, itu terserah anda.

Tingkat Kesulitan

 tingkat kesulitan harus dipikirkan secara matang, untuk memberikan pengalaman bermain yang baik

Apakah game anda memiliki tingkat kesulitan? Apakah terdiri dari beberapa level? Fitur apa saja yang akan ada dalam setiap levelnya? Dsb, itu terserah anda.

Aturan main

Agar anda tidak terlalu bingung, anda juga harus membuat aturan mainya diawal. Bagaimana cara pemain memainkan game anda? Apa yang harus dilakukan pemain? Bagaimana caranya mendapatkan item? Pemain akan gagal jika bagaimana? Jika pemain ingin itu harus bagaimana? Jika pemain begini harus bagaimana? Dsb, itu juga terserah anda.

Note: Kami tidak mengharuskan anda untuk menggunakan konsep yang kami buat, anda dapat membuat konsep anda sendiri. Kami hanya memberi gambaran tentang bagaimana caranya membuat konsep video game. 
Jika anda bingung dengan konsep yang akan anda buat, anda bisa bertanya kepada teman anda, atau anda bisa merekrut anggota terlebih dahulu sebelum membuat konsep sehingga bisa membuat konsep bersama, atau anda juga bisa bertanya kepada kami.

Mungkin cukup sekian artikel ini. Semoga bermanfaat, Insya Alah jika Allah berkenan kami akan membuat lanjutan dari topik ini, so stay tune!
Share on Google Plus

About Guruh Najmuddin

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment